Duke 390, di kelas harganya ada er6n, mana yang dipilih?

20130719-163520.jpg
Sangat mirip duke 200, tidak ada perbedaan tampilan yang signifikan, kecuali melototin stiker di tangki cukup lama, baru nyadar itu angka 390..

Membaca isi blog om Saranto yang berisi review duke 200 membuat tanurblog bertanya-tanya, seringkih itukah motor seharga 58 juta tersebut? Memang tanurblog melihat KTM mati-matian memangkas bobot duke 200 sehingga tersisa hanya 129 kilo, bandingkan dengan motor sekelasnya seperti tigi yang 138 kilo, pio 142 kilo, bahkan 200NS yang satu pabrik mencapai 145 kilo!

Tidak sampai di situ, jika dibandingkan dengan motor kelas di bawahnyapun masih bejaban: nvl dan cb150r pas sama-sama 129 kilo. Sudah terbayang kan ringannya si duke 200? Sama saja nvl/cb150r dikasih mesin 200cc DOHC 25hp..!!!!

20130719-164021.jpg
Keren, sekeren duke 200. Ya iyalaaahhh…

Adakah yang dikorbankan demi mendapatkan bobot ringan? Tentu saja, biasanya yang paling pertama kena dampaknya adalah kekuatan. Kekuatan apa? Ya kekuatan dari bahan motor itu, seperti rangka, lengan ayun, baut-baut. Ringan identik dengan pengurangan jumlah bahan atau mencari alternatif bahan yang lebih ringam, alumunium misalnya, yang sayangnya walau ringan tapi kekuatannya di bawah baja. Dan memang duke 200 menggunakan part almu ini, seperti di lengan ayunnya.

20130719-164222.jpg
Lincah..

Apakah almu jadi jelek karena tidak sekuat baja? Ya tidak, karena itu tergantung dari perancangannya apakah kekuatannya mau tetap sama dengan jika menggunakan baja atau fokus di bobot ringan, kekuatan ‘agak’ dikorbankan. Dan tampaknya KTM lebih memilih pilihan kedua, jadi penanganan duke 200 tidak bisa sembarangan, seperti yang disebutkan om Saranto, harus sangat hati-hati dan jangan sampe ngencengin baut terlalu kuat, bisa-bisa pecah/retak almunya.. Memang buat service mau aman ya di beresnya saja yang sudah tau karakter duke.

Tanurblog jadi berpikir dengan keluarnya duke 390 yang menggunakan basis sama dengan duke 200, apakah kelemahan-kelemahan duke 200 sudah diperbaiki di duke 390? Pertama kita bandingkan dulu spek teknisnya:

20130719-164325.jpg
Sumber: web KTM

Mari lihat beratnya karena inilah yang menjadi fokus tanurblog; wow berat duke 390 hanya 139 kilo..!! Sama dengan tigi, bahkan lebih ringan dibandingkan dengan pio dan 200NS..!!!
Dengan tenaga 43hp benar-benar menjanjikan tarikan jambakan setan ala ninin 150.. 😀

Tapi berat yang ringan tersebut siap-siap saja ada kemungkinan masalah-masalah di duke 200 diwariskan ke sang kakak:

Soal kekuatan, asal selalu service di beres rasanya ga akan ada masalah berarti.

Mesin stall? Memang memerlukan penyesuaian cara berkendara dan dengan update-update firmware ecu terbaru semoga saja masalah ini pada akhirnya akan teratasi.

20130719-164544.jpg
Bolehlah, memang ganteng sih..

Mesin overheat? Pada dasarnya mesin cc besar kompresi tinggi rawan masalah ini, mau ga mau harus nerima duke bukanlah motor yang cocok diajak bermacet-macet ria ala jalanan jakarta, kecuali mungkin mengganti kipas radiator yang lebih besar..

Buat yang tertarik mengetahui lebih lanjut tentang duke, ini ada review yang cukup bagus buat dibaca, memang masih versi duke 200 karena yang 390 masih gress jadi belum ada review pemakaian setelah beberapa bulannya.

So, dengan kelas harga ada di 100-120 juta maka saingan duke 390 adalah kawasaki er6n sebagai sesama naked. Bisakah memaksa orang untuk ‘berpaling’ dari kawasaki?

20130719-164824.jpg
Er6n yang tidak kalah keren..

Hanya jika bicara kelincahan selap selip dan saat parkir duke 390 di atas kertas lebih unggul mengingat bobotnya yang jauh lebih ringan (139 kilo vs 204 kilo).

Tapi dengan power er6n yang 72hp menjanjikan sensasi moge yang sesungguhnya, dimana secara pwr juga lebih unggul, pwr duke 390 3,23 sementara pwr er6n 2,83 yang artinya tiap hp dari er6n hanya menanggung beban 2,83 kilo. Mantap..!!!

So, mana yang dipilih masbro sekalian? Tanurblog sih sangat penasaran dengan duke 390 karena sebagai mantan user tigi pengen juga merasakan motor yang beratnya sama tapi powernya 43hp..!!! 😀

Advertisements

About tanurblog

Trying to be a blogger
This entry was posted in motor, motorcycle and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

7 Responses to Duke 390, di kelas harganya ada er6n, mana yang dipilih?

  1. fnaufala says:

    lebih seneng yg pake fairing

  2. hanjo says:

    cocoknya duke 390 harga 80 jtaan. akselnya pasti sadis banget…
    torsinya 1.6x lebih besar dr ninja 150 rr terkenal sadis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s