BBM naik, inflasi ikutan naik! Hitungnya gimana sih?

20130727-072946.jpgKenaikan BBM subsidi yang “tak terhindarkan”
Sumber gambar: googling

“Ini sebenarnya catatan lama yang ditulis bulan Juni lalu saat isu kenaikan BBM sedang hangat-hangatnya, namun masih relevanlah dan prediksinya semoga tidak jauh dari kenyataan..” πŸ™‚

Jadi begini…
heboh BBM membuat panik sebagian kita karena kuatirnya bukan cuma sebatas BBM tapi efek berantainya itu membuat barang lain ikut melambung harganya dan akhirnya mengerek inflasi. BI menyebutkan tahun ini dengan kenaikan BBM subsidi maka inflasi akan mencapai 7,9%, pemerintah di APBNP-nya cukup 7,2% saja hehe.. Kecil atau besar? Buat pembanding inflasi thn lalu ‘hanya’ 4,3%, so tentuin sendiri deh.

Sebelum lanjut, inflasi itu apa sih? Dari definisi sih katanya inflasi itu besarnya perubahan harga secara umum yang biasanya diukur dalam persentase. Misal inflasi tahun ini 5%, artinya secara rata-rata kenaikan harga barang tahun ini adalah 5% dibanding tahun lalu, jika tahun lalu cabe harganya 100 rupiah per buah maka sekarang 105 rupiah. Kira-kira begitulah..

Btw inflasi yang dialami ane pribadi dengan ente, dengan dia, dengan mereka beda-beda karena tiap orang konsumsinya beda-beda, biasanya tergantung pendapatan dia berapa… yaaah lokasi tempat tinggal juga pengaruh. Intinya inflasi yang dialami tiap pribadi/keluarga relatif ada perbedaan. Lalu, yang diumumkan BPS tiap awal bulan itu apa? Ya itu adalah inflasi nasional, jadi BPS mengambil sampel harga barang-barang di kota-kota Indonesia, lalu dilakukan pembobotan yang saat keluar hasil hitungannya diharapkan mencerminkan kondisi nyata masyarakat, kalopun beda ga jauhlah, cuma beti. Gitu loh.. Bener ngganya silahkan jawab sendiri hehehehe…

Naah di sini kita coba menjadi ekonom dadakan dengan menghitung inflasi tahunan, tentu caranya beda dengan yang dilakukan BPS, hanya saja kita berusaha mendapatkan hasil yang mendekati tapi dengan cara yang jauh lebih sederhana.. πŸ™‚

Pertama, inflasi tahunan secara sederhana adalah penjumlahan inflasi bulanan dari januari sampe desember. Jadi kita ambil data di BPS (www.bps.go.id), ga usah jauh2 cukup dr tahun 2005, terlalu jauh takut jadi bias hasil hitungannya karena karakter perekonomian Indonesianya sudah terlalu beda.

Lalu inflasi bulan yg sama kita rata2kan, misal utk januari rata2nya berapa, februari berapa dst. Biar ga bias, tahun yg ada kenaikan BBM yaitu 2005, 2008, dan 2013 tidak dihitung karena yg dicari adl inflasi normalnya tanpa kenaikan BBM.

Nah sdh dapat tuh rata2 inflasi tiap bulannya, januari 0,8%, februari 0,3%, dst dan jika dijumlahkan akan didapat inflasi tahunan sebesar 5%. Yaah ini kira2 inflasi normal Indonesia jk harga BBM subsidi tidak ada perubahan.

20130727-073125.jpgsalah satu yg sering disebut biang kerok inflasi: cabe merah..
Sumber gambar: googling

Next. Nah baru disini kita hitung akibat langsung kenaikan BBM thd inflasi, thn yg dipake tentu tahun yg ada kenaikan BBM, yaitu 2005 dan 2008. Di 2005 BBM naik 2x, maret dan oktober, 2008 di mei akhir. Yg dilihat bukan nominal kenaikannya tp persentasenya. Pd maret 2005 premium naik 32,6%, solar 27,27%, bulan oktober premium 87,5%, solar 104,76%. Pd akhir mei 2008 premium naik 33,33%, solar 27,91%.

Laluu… lihat inflasi di bulan kenaikan BBM, tp utk th 2008 karena naiknya akhir mei dampak inflasinya baru di bulan juni. Terus apa yg kita cari? Maunya kita menghitung tiap persen kenaikan BBM berapa persen inflasinya naik. Pake rata2 sederhana sj, didapat utk premium tiap persen kenaikannya akan mendorong tambahan inflasi 0,07%, sementara solar 0,08%.

Apa lagi? Ya tinggal hitung dr kenaikan BBM minggu lalu, dimana premiun naik 44%, solar 22%. Kalikan dah, lalu rata2kan lagi karena yg dicari dampak BBM secara keseluruhan bukan hanya premium atau solar. Dapatlah angka 2,58% yg kira2 memberi info bahwa tambahan inflasi tahun ini akibat kenaikan BBM adl 2,58%. Mudah kan?

Tapi cerita belum usai, kan belum dihitung total inflasi bulanannya. Karena thn 2013 data inflasi baru ada sampe bulan mei, ya sudah jumlahkan sj inflasi bulanan januari sampe mei. Sisanya? Pake rata2 inflasi bulanan yg sdh kita hitung sebelumnya kecuali bulan juni pake angka 2,58%.

Akhirnyaaa didapat angka inflasi tahun 2013 sebesar 8,18%. Ini prediksi tentu sj hehehe..
Biar ga terlalu tengsin klo ternyata ntar melesetnya jauh, pake range sj, itu angka diplus-minuskan 0,25%, dapatlah inflasi 2013 ada di kisaran 7,9% sd 8,4%. Nah klo gini kan keliatan lebih keren n semoga aktualnya ada d antara angka itu hehehehe…

Selesai!!! Sori klo kepanjangan n tentu sj pk disclaimer: hitungan d atas tidak menjamin keakuratan prediksi, kesalahan selalu mungkin terjadi
πŸ˜€

Catatan tambahan:
Sebenarnya belum selesai: bagaimana dengan tahun 2014, apa inflasinya tinggi juga? Sudah dijawab di atas inflasi normalnya Indonesia adalah 5%, jadi kira-kira tahun depan ya segini tapi tentu perlu dihitung lagi. Kayaknya sih di bawah 5%, hmm.. mungkin akan coba dibahas di tulisan lain.

Tambah lagi aahh catatan tambahannya…:
Trus ada pengaruhnya ngga ke cicilan dan bunga kredit? Tentu saja ada, bagi yang kredit dengan bunga mengambang siap-siap naik cicilan bulanannya, bagi yang baru mau ambil kredit siap-siap juga digetok bunga yang lebih tinggi. Makanya disarankan bagi yang belum ambil kredit sebaiknya tunda tahun depan saat inflasi sudah normal kembali..

Oke kali ini bener-bener selesai..!!!

Advertisements

About tanurblog

Trying to be a blogger
This entry was posted in ekonomi, keuangan and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to BBM naik, inflasi ikutan naik! Hitungnya gimana sih?

  1. maya says:

    Tanya pak, data inflasi yang ada di website BI dan BPS kok beda ya?
    Contoh: Januari 2014 BI = 8.22 % sedangkan BPS = 1,07
    Bagaimana itu pak maksudnya? Terima kasih.

    • tanurblog says:

      Sebenarnya sama saja hanya berbeda time horizon, yang 1,07% adalah inflasi bulanan sedangkan yang 8,22% adalah inflasi tahunan.
      Jadi bulan Januari 2014 terjadi inflasi 1,07% mom (month on month) dibandingkan dengan bulan Desember 2013,
      dan 8,22% yoy (year on year) dibandingkan Januari 2013.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s