Catatan gowes sehari -Gunung Bundar- pp (part 2)

20130723-084537.jpgLagi tepar, sepeda teronggok begitu saja..

Melanjutkan catatan minggu lalu, dimana setelah sarapan tanurblog dan bro Pras kembali menggowes. Jarak sampe dengan puncak gunung Bundar sekitar 15 kilo lagi, tapiii… jangan disamakan seperti sebelumnya yang jarak segitu ‘hanya’ butuh waktu sejam karena disinilah tantangan sesungguhnya: trek yang mulai menanjak dengan tanjakan curam di 3 kilo terakhir. Woowww….

Bro Pras menantang untuk menyelesaikan 15 kilo terakhir dalam 2 jam, tanurblog tentu saja dengan penuh keyakinan menerima dan bahkan minta 1 jam saja menolak mentah-mentah dengan mengajukan usulan 3 jam. Ya sudah dicapai kesepakatan gowes dengan speed masing-masing dan ketemu lagi di puncak. Siip kalo gini ada harapan finish neehh..

Lanjutlah kami menggowes kembali, dan setelah istirahat setengah jam malah terasa kaki rada berat mengayuh pedal.. tapi cuma sementara dan beberapa menit sudah mulai biasa kembali.

15 kilo yg panjang…
Akhirnya tujuan utama gowes turing hari ini mulai terlihat: jalanan yang menanjak!!! Perlahan terasa jalanan ini miring sudah, wuuaaaa… akhirnyaahh.. bisakah? bisakah? bisakah? Pertanyaan yang kembali terngiang-ngiang. Sementar bro Pras sudah ngebut di depan dan semakin menghilang.. Tanurblog mengutuk diri sendiri mengapa jarang latihan, di sini baru terasa bedanya antara master dan nubi.. 😦

Tanjakan demi tanjakan dilalui, bukannya melandai yang ada semakin curam saja. Tapi perjuangan harus lanjut, set mental setinggi mungkin karena jika bicara tantangan yang berada di batas kemampuan fisik, maka mentallah yang bisa menyelamatkan kita finish sampe tujuan. Jangan harap bisa finish jika semangat kendor di tengah jalan..

Set mental oke tapi harus tau diri juga, jika memaksakan tanpa istirahat si ‘otot keram’ sudah menunggu dengan riang.. hadeeuuuuhhh gawat nih, paha mulai terasa narik padahal napas belum ngos2an. Stop sebentar adalah jalan terbaik dan geliga menjadi andalan, oles-oles panasnya mantap dan bikin pede gowes lagi (bukan iklan). 🙂

20130723-084856.jpgIstirahat dulu aahhh….

Ditambah entah berapa warung yang disinggahi buat sekedar ngambil napas dan menyelamatkan diri dari mati kehausan, maklum perbekalan air cepat menipis karena bentar-bentar minum; selain tanjakan yang bikin ngos-ngosan juga terik mataharinya mantaaffff…!!!!

Yaaahhh singkat cerita setelah berjuang mati-matian melewati 15 kilo tersebut, akhirnya sampe juga di garis finish..!!! Uhuuyyy waktunya benar-benar merupakan rekor bagi tanurblog, cukup tiga setengah jam sajaaahhh…

Loh? Emang bro Pras berapa lama waktunya? Dua setengah jam. Eh, kenapa bisa jadi rekor? Ya iyalaahhh rekor karena ini baru pertama kali buat tanurblog gowes ke gunung bundar. Ini rekor pribadi kalee bukan rekor dunia hihihihi…

20130723-085013.jpgBerpose lagi di depan gerbang. Tuh nama resminya bukan gunung bundar.. Aneh ya???

20130723-085137.jpgMenikmati indomi dan teh manis paling nikmat di dunia…

20130723-085247.jpgDi google map ni dia gunung bundar..

20130723-085358.jpgDi aplikasi endomondo jalur pp yang ditempuh total 112kilo hehehe…

Beberapa pose lagi ehm…

20130723-085513.jpg

20130723-085552.jpg

Pemandangan yang indah..

20130723-085717.jpg

Btw perjalanan pulangnya ga perlu diceritain ya, maklum semangat gowesnya sudah kendor dan sampe di home sweet home menjelang jam 7 malam hehehe.. Bahkan saat membuat tulisan ini kaki-kaki masih terasa pegelnya. Ini bakal jadi salah satu petualangan tanurblog yang tak terlupakan…

Sekian, sampai jumpa di next journey 😀

Posted in sepeda, gowes | Tagged , , , , , | 7 Comments

Hasil Laguna Seca: selamat buat Marquez dan Honda..!!’

20130722-112841.jpgAksi fenomenal Rossi di 2008 diulang oleh Marquez subuh tadi, dengan korban Rossi sendiri hehehe…
Sumber: motogp

Yup seperti prediksi tanurblog memang Marquez tidak tertahan, luar biasa bocah ajaib ini..!!! Padahal bukannya tidak ada perlawanan dengan merangseknya Rossi di posisi 2 saat mulai start, tapi lagi-lagi pertunjukan skill, mental, dan kemampuan motor membuat Rossi tak berdaya menahan laju si bocah…

Btw just info Rossi satu-satunya pembalap Yamaha di 5 besar, lainnya? Honda..!!!! Menunjukkan laguna seca adalah sirkuitnya Honda, selamat..!!!!

20130722-113121.jpgDominasi Honda tak tertahankan..
Sumber: motogp

Akankah ini terus berulang? Honda semakin sempurna mengembangkan motornya sementara Yamaha ‘hanya’ bisa mengejar, saat ini yang sedang dikembangkan adalah seamless gearbox seperti yang sudah digunakan pada motor-motor Honda. Yup, dengan sikon saat ini yang sedang di tahap mengejar, sebenarnya siapa yang semakin ketinggalan..??? 😀

Semoga di seri-seri berikutnya Yamaha dan Ducati (yang ini kecil kemungkinannya) ada perlawanan yang lebih greget..

Posted in motor, motorcycle | Tagged , , , , , , | 4 Comments

Calon LCGC Chevrolet: MPV Spin?

20130721-124654.jpgModelnya kereenn…
Sumber: Chevrolet Indonesia

Baca berita Kompas, chevrolet Indonesia lagi mempertimbangkan mengajukan mpv andalan mereka untuk masuk program LCGC. Wuih kalo jadi bakal jadi satu-satunya mpv di antara LCGC lainnya nih mengingat yang lain city car kabeh..!!

20130721-125045.jpgKencang dengan mesin bensin 1.500cc dan diesel turbo 1.300cc.. jadi pengen test drive hehehe…
Sumber: Chevrolet Indonesia

Kok bisa? Mpv atawa minibus kan identik dengan bensin yang lebih boros, trus mau bersaing hemat bbm dengan city car? LCGC konsumsi bensinnya harus dapat 1:20 loohhh… Rasanya mustahil kecuali mesinnya dikecilin jadi 500cc hihihihihi…

20130721-125157.jpgDashboard modern..
Sumber: Chevrolet Indonesia

Ternyataa… yang mau diajukan adalah versi dieselnya dengan mesin 1.200cc, atau 1.300cc? Entah di Kompas nyebutnya 1.200cc tapi tanurblog cek ke web chevrolet Indonesia versi diesel adanya 1.300cc. Eniwei gapapa, selama bisa memenuhi syarat LCGC kenapa tidak..

Seperti diketahui mesin diesel memang memiliki efisiensi yang lebih baik karena torsinya gede, mencapai 190 Nm/1750rpm, bandingkan dengan versi bensinnya yang “hanya” 115Nm/4000rpm, makanya cukup gas dikit di rpm rendah mobil sudah laju, ga perlu banyak bbm. Tes kompas pada spin diesel ini saat di Solo yang diantaranya melalui tanjakan Ketep menghasilkan konsumsi solar 1:15an, kalo dites ala LCGC ada harapan nyampe 1:20, yaah mungkin perlu setting mesin/ecu dikit-dikit tapi potensinya memang ada 🙂

20130721-125633.jpg

20130721-125714.jpg3 baris alias 7 seater..!!!
Sumber: Chevrolet Indonesia

Jika chevrolet spin diesel masuk sebagai LCGC dengan harga 100juta, tertarik beli? Harga segitu bisa dapet mpv bukannya city car memang sangat menggoda 😀

Posted in mobil | Tagged , , , , , | 8 Comments

Hitung-hitungan lagi: Peraih Podium Laguna Seca

20130721-075626.jpgBradl tampil mengejutkan..!!
Sumber: motogp

Langsung saja, dengan persaingan yang lebih ketat dari Sachsenring siapa yang punya peluang podium dan juara? Yuk lihat data-datanya dan langsung kita prediksi..

1. Rumus pertama, hasil kualifikasi ambil 7 besar karena menurut tanurblog 7 terbesar punya peluang podium: Bradl, Marquez, Bautista, Rossi, Crutchlow, Lorenzo, Pedrosa. Ini Lorenzo luar biasa bener, kondisi tidak fit bisa posisi 6, Pedrosa yang seharusnya lebih fit malah di belakang Lorenzo.

20130721-075807.jpgCrop 7 besar sajaa…
Sumber: motogp

2. Catatan waktu kualifikasi, jangan lebih setengah detik dari pemegang pole. Catatan Bradl 1’21,176, Marquez +0,017s, Bautista +0,197s, Rossi +0,242s, Crutchlow +0,244s, Lorenzo +0,277s, Pedrosa +0,552s, ups.. stop di sini. Pedrosa dicoret karena sudah lebih dari setengah detik. Hmm masih ada 6 pembalap yang berpeluang podium, benar-benar ketat dan menjanjikan balapan seru ntar pas sahur.. hehehe… Masih perlu analisa lebih lanjut nih.

3. Marquez rasanya cukup aman ada di podium asalkan ga ndlosor saja doi.. Lorenzo jika fit bisa masuk podium tapi dari pengalaman di Assen kemungkinan di lap-lap awal bisa merangsek 3 besar, di lap-lap akhir bakal tercecer di posisi 4-5. Bautista? aduh, tanurblog jarang denger doi podium, ada yang bisa kasih alasan kenapa pantas podium? Jadi coret saja dah. Tersisa Bradl, Crutchlow, dan Rossi. Dengan 3 besar dikuasai honda, tanurblog yakin Bradl yang akan menguasai podium, di sirkuit lain harusnya Crutchlow lebih unggul. Faktor motor bicara.. Jadi tersisa dua nih, bakal ketat dah pertarungan Rossi dan Crutchlow, siapa pemenangnya? Asal tidak ada masalah settingan baik mesin maupun ban tanurblog masih memegang Rossi yang menggenggam podium. Ok, dapat deh siapa saja yang di podium: Marquez, Bradl, Rossi.

20130721-075955.jpgBuat Marquez asal tidak ndlosor podium sudah di tangan..
Sumber: motogp

4. Ini dia yang cukup sulit buat menentukan posisi juara, siapa kira-kira? Bradl masih harus membuktikan diri, tanurblog simpan di posisi 3. Marquez? Ini dia, lagi-lagi calon kuat sang pemenang. Walau baru pertama tapi dari fp1 sampai kualifikasi konsisten di barisan teratas. Tanurblog pegang Marquezlah yang juara..!! Asal ga ndlosor saja… Entah kenapa tanurblog kuatir dengan Marquez ini, kuatir doi bakal memaksakan motornya melebihi limit…

20130721-080057.jpgCrutchlow, jika diberikan motor setara jangan-jangan kemampuannya menyamai Marquez?
Sumber: motogp

Oke cukup, sudah dapat kan posisi podium? Mari kita saksikan bersama dinihari nanti.. 😀

Oya sebagai penggemar Rossi tentu saja tanurblog mendukung Rossi, semoga doi yang juara..!!!! hihihihihi…

20130721-080147.jpgSumber: motogp

Disclaimer: perhitungan di atas cuma prediksi, bisa salah apalagi kalo ada yang out of race/ndolosorrrr ya yang di bawahnyalah akan naik ke atas..

Posted in motor, motorcycle | Tagged , , , , | 14 Comments

Motogp Laguna Seca day 1: antara Lorenzo dan Pedrosa mana yang lebih fit?

20130720-092255.jpg
Lorenzo berpeluang podium?

Jumat kemarin yang merupakan hari pertama gelaran motogp Laguna Seca telah selesai (di sini sampe sabtu dinihari), yang juga merampungkan fp1 dan fp2. Dari hasil tersebut Marquez semakin menunjukkan kemampuannya menunggangi motor kelas tertinggi motogp. Tanurblog sih sudah tidak heran akan kehebatan Marquez mengingat prediksinya doi mempunyai peluang besar jurdun musim ini.

Tapi yang menarik perhatian adalah kembali bertarungnya pembalap yang kecelakaan lumayan parah minggu lalu: Lorenzo dan Pedrosa. Duo spaniard ini tidak membuang waktu, begitu merasa cukup fit langsung ngegas lagi..!!!

Dilihat dari hasil fp2 Lorenzo unggul jauh dibanding Pedrosa, selisihnya mencapai 0,6 detik! Bagi tanurblog selisih di atas setengah detik sudah masuk kategori tertinggal lumayan jauh, masihkah Pedrosa minimal bisa mengimbangi Lorenzo di balapan minggu nanti?

20130720-092555.jpg
Lorenzo dan Pedrosa selisihnya 0,6 detik..

Rasanya tidak perlu bahas peluang keduanya merebut juara race minggu nanti, dengan kondisi masih belum fit 100% beraaattt..!! Maksimal mungkin podium, itu saja masih tanda tanya besar..??? Yaahh kita realistis sajalah, justru yang menarik manakah di antara mereka berdua yang unggul? Pasti terjadi balapan yang (semoga) sengit karena masing-masing berusaha mendapatkan poin lebih tinggi dari yang lain.

Dari hari pertama kemarin sudah ada tanda-tandakah siapa yang bakal unggul? Sekilas Lorenzolah yang lebih cepat, tapi nanti dulu! Lorenzo sudah turun sejak fp1 sedangkan Pedrosa baru di fp2, rasanya kita masih harus memberikan kesempatan kepada Pedrosa menunjukkan tingkat kebugarannya di hari kedua ini, bisa jadi akan mengungguli Lorenzo.

20130720-092713.jpg
Pedrosa: masih ada harapan..

Bisa kita lihat dari fp2, walau baru turun di sesi ini Pedrosa langsung mencatat waktu tercepat 1:23,129, sementara Lorenzo pada fp1 waktu tercepatnya ‘hanya’ 1:24,441, lebih sedetik di atas Pedrosa..
Menandakan Pedrosa lebih fit dari Lorenzo? 🙂

Gimana penerawangan masbro sekalian? Mari kita pantau bersama hasil hari kedua…

Posted in motor, motorcycle | Tagged , , , , , , | 10 Comments

Duke 390, di kelas harganya ada er6n, mana yang dipilih?

20130719-163520.jpg
Sangat mirip duke 200, tidak ada perbedaan tampilan yang signifikan, kecuali melototin stiker di tangki cukup lama, baru nyadar itu angka 390..

Membaca isi blog om Saranto yang berisi review duke 200 membuat tanurblog bertanya-tanya, seringkih itukah motor seharga 58 juta tersebut? Memang tanurblog melihat KTM mati-matian memangkas bobot duke 200 sehingga tersisa hanya 129 kilo, bandingkan dengan motor sekelasnya seperti tigi yang 138 kilo, pio 142 kilo, bahkan 200NS yang satu pabrik mencapai 145 kilo!

Tidak sampai di situ, jika dibandingkan dengan motor kelas di bawahnyapun masih bejaban: nvl dan cb150r pas sama-sama 129 kilo. Sudah terbayang kan ringannya si duke 200? Sama saja nvl/cb150r dikasih mesin 200cc DOHC 25hp..!!!!

20130719-164021.jpg
Keren, sekeren duke 200. Ya iyalaaahhh…

Adakah yang dikorbankan demi mendapatkan bobot ringan? Tentu saja, biasanya yang paling pertama kena dampaknya adalah kekuatan. Kekuatan apa? Ya kekuatan dari bahan motor itu, seperti rangka, lengan ayun, baut-baut. Ringan identik dengan pengurangan jumlah bahan atau mencari alternatif bahan yang lebih ringam, alumunium misalnya, yang sayangnya walau ringan tapi kekuatannya di bawah baja. Dan memang duke 200 menggunakan part almu ini, seperti di lengan ayunnya.

20130719-164222.jpg
Lincah..

Apakah almu jadi jelek karena tidak sekuat baja? Ya tidak, karena itu tergantung dari perancangannya apakah kekuatannya mau tetap sama dengan jika menggunakan baja atau fokus di bobot ringan, kekuatan ‘agak’ dikorbankan. Dan tampaknya KTM lebih memilih pilihan kedua, jadi penanganan duke 200 tidak bisa sembarangan, seperti yang disebutkan om Saranto, harus sangat hati-hati dan jangan sampe ngencengin baut terlalu kuat, bisa-bisa pecah/retak almunya.. Memang buat service mau aman ya di beresnya saja yang sudah tau karakter duke.

Tanurblog jadi berpikir dengan keluarnya duke 390 yang menggunakan basis sama dengan duke 200, apakah kelemahan-kelemahan duke 200 sudah diperbaiki di duke 390? Pertama kita bandingkan dulu spek teknisnya:

20130719-164325.jpg
Sumber: web KTM

Mari lihat beratnya karena inilah yang menjadi fokus tanurblog; wow berat duke 390 hanya 139 kilo..!! Sama dengan tigi, bahkan lebih ringan dibandingkan dengan pio dan 200NS..!!!
Dengan tenaga 43hp benar-benar menjanjikan tarikan jambakan setan ala ninin 150.. 😀

Tapi berat yang ringan tersebut siap-siap saja ada kemungkinan masalah-masalah di duke 200 diwariskan ke sang kakak:

Soal kekuatan, asal selalu service di beres rasanya ga akan ada masalah berarti.

Mesin stall? Memang memerlukan penyesuaian cara berkendara dan dengan update-update firmware ecu terbaru semoga saja masalah ini pada akhirnya akan teratasi.

20130719-164544.jpg
Bolehlah, memang ganteng sih..

Mesin overheat? Pada dasarnya mesin cc besar kompresi tinggi rawan masalah ini, mau ga mau harus nerima duke bukanlah motor yang cocok diajak bermacet-macet ria ala jalanan jakarta, kecuali mungkin mengganti kipas radiator yang lebih besar..

Buat yang tertarik mengetahui lebih lanjut tentang duke, ini ada review yang cukup bagus buat dibaca, memang masih versi duke 200 karena yang 390 masih gress jadi belum ada review pemakaian setelah beberapa bulannya.

So, dengan kelas harga ada di 100-120 juta maka saingan duke 390 adalah kawasaki er6n sebagai sesama naked. Bisakah memaksa orang untuk ‘berpaling’ dari kawasaki?

20130719-164824.jpg
Er6n yang tidak kalah keren..

Hanya jika bicara kelincahan selap selip dan saat parkir duke 390 di atas kertas lebih unggul mengingat bobotnya yang jauh lebih ringan (139 kilo vs 204 kilo).

Tapi dengan power er6n yang 72hp menjanjikan sensasi moge yang sesungguhnya, dimana secara pwr juga lebih unggul, pwr duke 390 3,23 sementara pwr er6n 2,83 yang artinya tiap hp dari er6n hanya menanggung beban 2,83 kilo. Mantap..!!!

So, mana yang dipilih masbro sekalian? Tanurblog sih sangat penasaran dengan duke 390 karena sebagai mantan user tigi pengen juga merasakan motor yang beratnya sama tapi powernya 43hp..!!! 😀

Posted in motor, motorcycle | Tagged , , , , , , | 7 Comments

Stok numpuk di diler pertanda ga laku? Ah masa seehhh…

20130718-153941.jpg
Sumber: googling

Kerap membaca komen-komen miring di blog/web otomotif tentang diler yang memajang banyak motor bahkan sampe meluber ke halaman depan dianggap jualannya ga laku.

Kebetulan di dekat rumah tanurblog terdapat diler motor honda dan dalam aktifitas sehari-hari tentu selalu melewati diler tersebut. Memang sering banget terlihat pemandangan motor-motor baru yang belum berpelat nomor ‘parkir’ di halaman depan.

20130718-154101.jpg
Parkiran sudah penuh motor tapi pengiriman jalan terus…
Sumber: kamera hp tanurblog alias moto sendiri hehehe

Tapi… dari bulan ke bulan dan hingga berganti tahun tu diler tetap exist, kalo ga laku harusnya sudah bangkrut dan tutup dooonnggg???

Yaahh mau ga mau tanurblog berkesimpulan motor-motor yang dipajang itu sudah ada pemiliknya atau memang pemilik diler sangat yakin akan lakunya motor jualannya sehingga berani stok banyak. So, ms 60% memang bukan isapan jempol, ini nyata..!!!

Masbro punya pendapat lain?

Posted in motor, motorcycle | Tagged , , , , , , | 8 Comments